Sabtu, 30 September 2017

Bekam Sumedang

Tempat Bekam Di Sumedang



Sumedang dikenal dengan julukan kota tahu, wilayahnya banyak ditemui pegunungan dan perbukitan yang membuat suasana di kota Sumedang semakin asri. Terapi bekam mungkin belum begitu dikenal oleh sebagian masyarakat Sumedang, namun seiring dengan berjalannya waktu, perlahan-lahan bekam mulai dikenal oleh sebagian masyarakat Sumedang dan mulai populer semenjak tahun 2009. 

Bagi anda yang ingin mencoba terapi bekam atau membutuhkan terapi bekam di wilayah Sumedang dan sekitarnya silahkan hubungi nomor kontak kami, Telp./WA : 085295035000. Alamat tempat terapi bekam berada di dusun lembur gedong RT 01 RW 06 No. 67 Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang (masuk gang di depan warung es kelapa). Kami juga melayani bekam panggilan untuk wilayah sumedang dan sekitarnya.

 

Alamat Tempat Terapi Bekam Di Sumedang

 

Pengertian Bekam


Bekam adalah proses pengeluaran darah kotor dengan cara sayatan pisau atau tusukan jarum dengan kedalaman sekitar 0,1 mm pada permukaan kulit. Bekam memiliki nama lain yang bermacam-macam diantaranya :
  • Bekam tanduk, yaitu bekam yang menggunakan tanduk penampung darahnya sedangkan untuk pelukaanya bisa menggunakan jarum ataupun pisau sayat. Tehnik penyedotannya dengan cara memanaskan tanduk menggunakan api.
  • Bekam sinergi, yaitu metode bekam yang menggabungkan metode pengobatan bekam dengan metode pengobatan Barat
  • Bekam modern, yaitu bekam yang menggunakan gelas plastik untuk menampung darahnya dan menggunakan pompa untuk alat sedotnya
  • Bekam steril, pada dasarnya sama dengan bekam modern baik cara maupun alat yang digunakannya
  • Bekam darah, pada dasarnya sama dengan bekam modern baik cara maupun alat yang digunakannya
  • Bekam Basah, pada dasarnya sama dengan bekam modern baik cara maupun alat yang digunakannya
Dari semua jenis bekam diatas pada hakekatnya memiliki fungsi dan manfaat yang sama, hanya penggunaan nama, alat dan tehnik saja yang seolah-olah membuatnya berbeda.

 

Fungsi Bekam


Fungsi bekam adalah mengeluarkan sel darah yang sudah mati serta mengeluarkan toksin yang mengendap di tubuh. Toksin (dari bahasa Yunani Kuno: τοξικόν) adalah sebuah zat beracun yang diproduksi di dalam sel atau organisme hidup, kecuali zat buatan manusia yang diciptakan melalui proses artifisial. Kata ini pertama dipakai oleh kimiawan organik Ludwig Brieger (1849–1919). Toksin atau zat beracun tersebut bisa berasal obat kimia, makanan yang mengandung zat pengawet atau zat pewarna, makanan yang berasal dari hasil pertanian yang menggunakan pupuk kimia, asap rokok dan lain-lain.

Tempat terapi bekam di Sumedang belum begitu banyak, namun bagi anda yang berlokasi di daerah Sumedang Kota, anda bisa menghubungi Kang Abu Haura dengan nomor kontak 085295035000. Dan Jika anda berlokasi di daerah Cimalaka anda bisa menghubungi toko Wendis di dusun lembur gedong Cimalaka.

 

Manfaat Terapi Bekam


Adapun manfaat bekam bagi kesehatan diantaranya adalah :
  • Menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti, migrain, masuk angin, kolesterol, jantung, stroke, diabetes, apilepsi, asam urat dan sebagainya.
  • Melemaskan otot yang kaku
  • Melancarkan peredaran darah
  • Membantu pembentukan sel darah merah
  • Menyembuhkan gangguan Jin atau sihir
  • Mengurangi rasa capek
  • Mengobati pegal-pegal
  • Mengoabti darah rendah
  • Mengobati darah tinggi
  • dan lain-lain
Bekam adalah metode pengobatan nabi, selain memiliki manfaat bagi kesehatan, bekam juga merupakan sunah Rasul, karena perintah bekam itu tertuang dalam sebuah hadits, yang bunyinya :

  1. Dari Abdullah bin Mas’ud, dia berkata, rasulullah bersabda: "Waktu yang paling baik bagi kalian untuk melakukan hijamah ialah pada tanggal 17, 19, dan 21 (dari bulan Qomariyah)." (Shahih Sunan At-Tirmidzi) 
  2. "Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah (bekam)". (Muttafaq ‘alaihi, Shahih Bukhari no. 2280 & Shahih Muslim no. 2214)
  3. Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada bekam itu terkandung kesembuhan.” (Kitab Mukhtashar Muslim no. 1480, Shahihul Jaami' no. 2128 & Silsilah al-Hadiits ash-Shahiihah no. 864, karya Imam al-Albani)
  4. "Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah al hijamah". (HR. Ahmad, shahih) 
  5. Dari Ashim bin Umar bin Qatadah, dia memberitahukan bahwa Jabir bin Abdullah pernah menjenguk al-Muqni’, dia bercerita: “Saya tidak sembuh sehingga saya berbekam, karena sesungguhnya saya pernah mendengar rasulullah bersabda: ‘Sesungguhnya di dalamnya terkandung kesembuhan’.” (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Ya’la, al-Hakim, al-Baihaqi)
  6. Penyembuhan terdapat dalam tiga hal, yakni meminum madu, sayatan alat bekam, dan sundutan dengan api, dan saya melarang umatku berobat dengan  sundutan api." (HR. Bukhori)
  7. Kesembuhan bisa diperoleh dengan 3 cara yaitu: sayatan pisau bekam, tegukan madu, sundutan api. Namun saya tidak menyukai berobat dengan sundutan api." (HR. Muslim)
  8. Dari Uqbah bin Amir, Rasulullah bersabda: “Ada 3 hal yang jika pada sesuatu ada kesembuhan, maka kesembuhan itu ada pada sayatan alat bekam atau minum madu atau membakar bagian yang sakit, dan saya membenci pembakaran (sundutan api) dan tidak juga menyukainya.” (HR. Ahmad dalam Musnad-nya)
  9. "Jika pada sesuatu yang kalian pergunakan untuk berobat itu terdapat kebaikan, maka hal itu adalah berbekam." (Shahih Sunan Ibnu Majah, karya Syaikh Al-Albani (II/259), Shahih Sunan Abu Dawud, karya Syaikh Al-Albani (II/731))
  10. Dari Ibnu Umar, Rasulullah bersabda: “Jika ada suatu kesembuhan pada obat-obat kalian maka hal itu ada pada sayatan alat bekam.” Dia bersabda: “Atau tegukkan madu.” (Kitab Kasyful Astaar‘an Zawaa-idil Bazar, karya al-Haitsami, III/388) 
  11. Dari Ibnu Abbas, nabi bersabda: "Orang yang paling baik adalah seorang tukang bekam (Al Hajjam) karena ia mengeluarkan darah kotor, meringankan otot kaku dan mempertajam pandangan mata orang yang dibekamnya." (HR. Tirmidzi, hasan gharib)
  12. Dari Jabir al-Muqni, dia bercerita: “Saya tidak akan merasa sehat sehingga berbekam, karena sesungguhnya saya pernah mendengar rasulullah bersabda: "Sesungguhnya pada bekam itu terdapat kesembuhan’.” (Shahih Ibnu Hibban (III/440))
  13. Dari Anas bin Malik, rasulullah bersabda: “Kalian harus berbekam dan menggunakan al-qusthul bahri." (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, dan an-Nasai dalam kitab as-Sunan al-Kubra no. 7581)
  14. Dari Anas bin Malik, dia bercerita: “Rasulullah bersabda: ‘Jika terjadi panas memuncak, maka netralkanlah dengan bekam sehingga tidak terjadi hipertensi pada salah seorang di antara kalian yang akan membunuhnya’.” (Diriwayatkan oleh al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak, dari Anas secara marfu’, dia menshahihkannya yang diakui pula oleh adz-Dzahabi (IV/212)) 
  15. Pada malam saya diisra'kan, saya tidak melewati sekumpulan malaikat melainkan mereka berkata: “Wahai Muhammad suruhlah umatmu melakukan bekam.” (HR Sunan Abu Daud, Ibnu Majah, Shahih Jami'us Shaghir 2/731)
  16. Dari Abdullah bin Mas’ud, dia berkata: “Rasulullah pernah menyampaikan sebuah hadits tentang malam dimana dia diperjalankan bahwa dia tidak melewati sejumlah malaikat melainkan mereka semua menyuruh dia dengan mengatakan: ‘Perintahkanlah umatmu untuk berbekam’.” (Shahih Sunan at-Tirmidzi, Syaikh al-Albani (II/20), hasan gharib) 
  17. Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah bersabda: “Tidaklah saya berjalan melewati segolongan malaikat pada malam saya diisra’kan, melainkan mereka semua mengatakan kepada saya: ‘Wahai Muhammad, engkau harus berbekam’.” (Shahih Sunan Ibnu Majah, Syaikh al-Albani (II/259))
  18. Dari Ibnu Umar, dia berkata, dia berkata, rasulullah bersabda: "Hijamah sebelum makan pagi adalah paling ideal. Hijamah itu dapat menambah kecerdasan akal, menambah kekuatan hafalan orang-orang yang menghafal, siapa yang hendak melakukan pengobatan dengan hjamah, hendaklah dia melakukannya pada hari Kamis, atas nama Allah. Hindarilah hijamah pada hari Jum’at, hari Sabtu dan hari Ahad. Lakukanlah hijamah pada hari Senin dan Selasa. Hindari hijamah pada hari Rabu, karena itu merupakan hari ketika Ayyub di timpa bala’. Penyakit lepra dan kusta tidak muncul melainkan pada hari Rabu atau malam Rabu." (Shahih Sunan Ibnu Majah, Al-Albany, 2/261)
  19. Dari Ibnu Umar, Rasulullah bersabda: “Tidaklah saya melewati satu dari langit-langit yang ada melainkan para malaikat mengatakan: ‘Hai Muhammad, perintahkan ummatmu untuk berbekam, karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, al-kist, dan syuniz (semacam tumbuh-tumbuhan)’.” (Kitab Kasyful Astaar ‘an Zawaa-idil Bazar, karya al-Haitsami, III/388) 
Dari Hadits-hadits diatas dapat kita ketahui bahwa bekam merupakan metode pengobatan umat Islam yang paling utama, perintah bekam berbarengan dengan perintah shalat yaitu ketika nabi melakukan Isra Mi'raj. Oleh karena itu kita sebagai umat islam hendaknya menggunakan metode pengobatan warisan nabi ini sebagai pengobatan yang utama bukan pengobatan alternatif. Metode pengobatan nabi tidak mungkin salah karena nabi dibimbing oleh wahyu. Wallahu 'alam......
Lokasi: Lembur Gedong Rt 01 Rw 06 No. 67, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45353, Indonesia

0 komentar: